mialhikmahjanti@gmail.com 0321-879009 RSS
Logo

MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HIKMAH

" Qur'ani Berprestasi "

Evaluasi Diri Madrasah (EDM) Tahun Pelajaran 2020/2021

Evaluasi Diri Madrasah (EDM) Tahun Pelajaran 2020/2021

Evaluasi Diri Madrasah (EDM) Tahun Pelajaran 2020/2021 - Disusun sebagai acuan untuk menyusun Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) dan Rencana Kerja Tahunan (RKT). Melalui EDM diharapkan Madrasah dapat berbenah diri dengan melakukan perubahan - perubahan sesuai dengan kekuatan, kelemahan, peluang - peluang serta hambatan yang dihadapi.


Evaluasi Diri Madrasah (EDM) Tahun Pelajaran 2020/2021



A. Latar Belakang

Sebagaimana diamanatkan oleh Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan bahwa setiap satuan pendidikan pada jalur formal dan nonformal wajib melakukan penjaminan mutu pendidikan dalam rangka untuk memenuhi delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Pemenuhan dan penjaminan mutu pendidikan ini merupakan tanggung jawab bersama pemerintah, pemerintah daerah, masyarakat, dan satuan pendidikan. Penjaminan mutu pendidikan pada satuan pendidikan tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya perubahan budaya mutu pada seluruh warga di madrasah/madrasah.

Sejak tahun 2005 pemerintah telah memberikan Bantuan Operasional Madrasah (BOS) kepada seluruh madrasah, baik madrasah negeri maupun swasta. Biaya satuan BOS per siswa yang diterima oleh madrasah semakin meningkat dengan tujuan agar mutu pendidikan semakin baik. Selain dana BOS banyak madrasah masih menerima sumbangan dana dari orang tua siswa atau sumber lain secara sukarela. Keberhasilan penggunaan dana yang dikelola oleh madrasah sangat tergantung bagaimana madrasah menyusun perencanaan dan menggunakan secara efisien dan tepat guna.

Evaluasi Diri Madrasah (EDM) adalah suatu proses penilaian mutu penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan oleh pemangku kepentingan ditingkat madrasah berdasarkan indikator-indikator kunci yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP). Melalui EDM, madrasah dapat mengetahui aspek-aspek yang perlu ditingkatkan, serta kekuatan dan kelemahan yang ada di madrasah dapat diidentifikasi. Hasil EDM akan digunakan sebagai bahan untuk menetapkan jenis-jenis program/kegiatan prioritas dalam penyusunan rencana peningkatan dan pengembangan madrasah yang dituangkan dalam rencana kerja dan anggaran madrasah (RKAM).


Untuk mengoptimalkan pelaksanaan dan pemanfaatan EDM ini diperlukan kebersamaan dan kemauan kepala madrasah, guru, tenaga kependidikan, komite madrasah, siswa dan orang tua siswa untuk bersedia membuka diri atas kekurangan yang masih ada di madrasah. Semangat kebersamaan seluruh warga sekolah untuk mau mengevaluasi diri demi kemajuan bersama adalah kunci dari manfaat EDM ini.

B. Manfaat EDM

Pada prinsipnya EDM adalah penilaian yang dilakukan oleh warga madrasah itu sendiri dengan penuh kesadaran dan kejujuran yang akan digunakan oleh madrasah itu sendiri untuk perbaikan mutu pendidikan. Dengan melakukan EDM, madrasah akan memperoleh manfaat sebagai berikut:
  1. mengetahui tingkat pencapaian kinerja madrasah.
  2. mengetahui kekuatan, kelemahan dan tantangan yang dimilikinya madrasah.
  3. mengetahui peluang untuk memperbaiki mutu pendidikan, menilai keberhasilan dan melakukan penyesuaian program-program yang ada.
  4. mengetahui jenis kebutuhan yang diperlukan untuk perbaikan mutu.
  5. dapat mengidentifikasi program/kegiatan prioritas bagi peningkatan kinerja madrasah.
  6. bahan penyusunan RKAM.

C. Proses Penyusunan EDM

EDM di setiap madrasah menjadi tanggung jawab kepala madrasah dan dilakukan oleh Tim Inti Madrasah (TIM). Dalam pelaksanaannya, TIM dibantu oleh operator madrasah yang menangani pendataan di madrasah dan program BOS.

Proses penyusunan EDM dilakukan dengan prinsip-peinsip sebagai berikut:
  1. EDM dilakukan secara rutin setiap tahun.
  2. EDM disusun berdasarkan data dan fakta objektif karena akan digunakan oleh madrasah untuk perbaikan mutu madrasah itu sendiri.
  3. Hasil EDM terbuka untuk diketahui oleh semua pihak.
  4. EDM dilakukan secara online atau semi online untuk madrasah di daerah yang mengalami kesulitan akses internet.
Penyusunan EDM meningikuti tahapan sebagai berikut:
  • Kepala madrasah membentuk TIM yang dituangkan dalam bentuk Surat Keputusan Kepala Madrasah, dengan susunan keanggotaannya sebagai berikut:
  1. Penanggung jawab: Kepala Madrasah
  2. Ketua: salah satu wakil kepala madrasah
  3. Anggota: perwakilan guru, perwakilan komite madrasah, perwakilan orang tua siswa diluar komite madrasah dan perwakilan siswa (OSIS). Jika diperlukan, madrasah juga dapat melibatkan tokoh masyarakat atau tokoh agama diluar komite madrasah.
  • Dilakukan sosialisasi/pelatihan kepada TIM tentang pentingnya EDM, pemahaman indikator dalam instrumen EDM, cara pengisian instrumen dan pemanfaatan hasil EDM.
  • TPM mengumpulkan data, informasi dan bukti fisik dari berbagai sumber yang relevan untuk dasar penilaian indikator yang ada dalam Instrumen.
  • TPM mendiskusikan dan menetapkan level setiap indikator berdasarkan data, informasi dan bukti fisik.
  • TIM dibantu oleh operator madrasah mengisi instrumen yang tersedia secara online atau semi online berdasarkan data, informasi dan bukti fisik yang dikumpulkan.
  • Kepala Madrasah menyetujui hasil isian EDM melalui form yang tersedia.
  • TPM mengirim hasil pengisian EDM yang sudah disetujui oleh Kepala Madrasah.
  • Laporan hasil EDM secara online akan secara otomatis terkirim ke unit-unit yang sudah ada dalam sistem, sedangkan EDM yang melalui semi online akan diatur secara khusus.

D. Kerangka Berpikir Penyusunan Indikator EDM

Cara pengukuran terhadap kinerja madrasah dalam pemenuhan 8 SNP dapat dilakukan dengan berbagai cara. Pendekatan yang akan digunakan untuk mengukur kinerja mutu madrasah dalam EDM ini adalah indikator yang terkait dengan budaya/kebiasaan (habit) yang dilakukan warga madrasah yang diyakini dapat mencerminkan kinerja madrasah dalam pemenuhan 8 SNP. Dengan mengukur indikator budaya tersebut, diharapkan madrasah selanjutnya dapat menyusun program/kegiatan untuk melakukan perubahan budaya mutu di madrasah untuk pemenuhan 8 SNP. Indikator yang dipilih dalam EDM ini adalah indikator yang memiliki daya ungkit yang baik untuk mengukur mutu dan mudah diukur.

Dalam EDM ini dilakukan pengukuran terhadap 5 (lima) aspek budaya/kebiasaan di madrasah yang indikator-indikatornya mencerminkan terhadap pemenuhan 8 SNP sebagaimana dalam Tabel 1. Kelima Aspek kebiasaan yang akan diukur dalam EDM terhadap pencapaian kinerja mutu madrasah antara lain:
  1. Kedisiplinan Warga Madrasah; Budaya kedisiplinan warga madrasah antara lain mencakup kedisiplinan guru, kepala madrasah, siswa, dan madrasah itu sendiri sebagai sebuah satuan pendidikan. Perubahan atas budaya disiplin ini diyakini akan mempengaruhi terhadap ketercapaian Standar Isi (SI), Standar Proses (SPR), Standar Kompetensi Lulusan (SKL), dan Standar Pengelolaan (SPL).
  2. Pengembangan diri guru dan tenaga kependidikan; Budaya untuk mengembangkan diri atas kompetensi seorang kepala madrasah, guru dan tenaga kependidikan diyakini akan dapat meningkatkan pemenuhan terhadap ketercapaian Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK).
  3. Penyiapan, pelaksanaan dan penilaian atas proses pembelajaran sangat berpengaruh terhadap mutu Pendidikan. Oleh karena itu, budaya guru untuk melakukan ini diyakini akan meningkatkan ketercapaian terhadap Standar Proses (SPR) dan Standar Penilaian (SPN).
  4. Penyediaan sarana belajar untuk guru dan siswa; Madrasah memiliki tanggung jawab terhadap penyediaan sarana belajar yang pokok untuk menunjang proses pembelajaran. Oleh karena itu, perubahan budaya agar madrasah menyediakan sarana pendukung proses pembelajaran ini diyakini akan mempengaruhi terhadap ketercapaian Standar Sarana dan Prasarana (SSP).
  5. Pengelolaan anggaran yang berorientasi pada peningkatan mutu; Budaya menyusun perencanaan penggunaan dana yang efisien dan berorientasi pada peningkatan mutu sangat penting dilakukan oleh madrasah. Perubahan atas budaya ini diyakini akan mempengaruhi terhadap ketercapaian Standar Pembiayaan (SB) dan sekaligus meningkatkan mutu madrasah.
Untuk file lengkap Evaluasi Diri Madrasah (EDM) Tahun Pelajaran 2020/2021 Dapat Download Disini
01/07/2020 18:04 - Oleh Admin IT MI Al-Hikmah - Dibaca 11437 kali

7 Komentar

Nurul • 10/12/2024 11:40

izin copas filenya nggih

sri dewi atika Tehuayo • 09/09/2024 10:46

izin copas yaa

Tohiron • 21/11/2022 11:51

kami mohon ijin meminta fie edm njenengan

hafizuddin • 04/12/2021 19:18

minta contoh EDM dan instrumen yang lengkap

lita • 21/10/2021 06:14

kirimi edm

Cecep Komara Sodik • 19/10/2021 06:19

bade uken edm

Kasir • 12/10/2021 05:20

Tolong dikirim EDM

Tinggalkan Komentar

Tulisan Lainnya

MI Al-Hikmah Gelar Tiga Kegiatan Sekaligus: Khotaman, Anjangsana, dan Rapat Rutin Dewan Guru

HUMAS - Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Hikmah kembali menunjukkan komitmennya dalam mempererat tali silaturahmi sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan. Pada Selasa, 30 September 2

30/09/2025 19:28 • Admin IT MI Al-Hikmah 422x dibaca

ANBK 2025 di MI Al-Hikmah: 25 Siswa Ikuti Asesmen Berbasis Komputer

HUMAS MI AL_HIKMAH - Sebanyak 25 siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Hikmah sukses melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2025. Kegiatan yang berlangsung selama

23/09/2025 15:20 • Admin IT MI Al-Hikmah 426x dibaca

RESMI Siswa MI Al-Hikmah Kenakan Baju Adat Setiap Tanggal 17 Dengan Komitmen Lestarikan Budaya Indonesia

HUMAS - Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Hikmah membuat gebrakan baru dalam upaya melestarikan budaya bangsa. Mulai bulan ini, seluruh siswa diwajibkan mengenakan baju adat tradisi

17/09/2025 08:15 • Admin IT MI Al-Hikmah 552x dibaca

Puskesmas Jarakkulon Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis dan Skrining Anemia di MI Al-Hikmah

HUMAS MI AL-HIKMAH -- Jarakkulon - Puskesmas Jarakkulon menggelar kegiatan pemeriksaan kesehatan secara komprehensif di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Hikmah pada Kamis, 28 Agustus 20

28/08/2025 14:14 • Admin IT MI Al-Hikmah 306x dibaca

MI Al-Hikmah Ikut Meriahkan Lomba Gerak Jalan HUT RI ke-80 di Kecamatan Jogoroto

HUMAS MI AL-HIKMAH-JOGOROTO — Gema kemerdekaan begitu terasa saat siswa-siswi dari MI Al-Hikmah turut serta dalam Lomba Gerak Jalan tingkat SD/MI se-Kecamatan Jogoroto. Acara

14/08/2025 07:32 • Admin IT MI Al-Hikmah 298x dibaca

Rapat Kerja MI Al-Hikmah Hasilkan Empat Komisi Demi Peningkatan Mutu Madrasah Tahun Ajaran 2025-2026

HUMAS MI AL-HIKMAH Jombang, Rabu, 09 Juli 2025 – Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Hikmah hari ini menggelar rapat kerja yang diikuti oleh 21 dewan guru dan staf. Kegiatan ini berl

09/07/2025 21:02 • Admin IT MI Al-Hikmah 602x dibaca

Ujian Akhir Madrasah Nahdlatul Ulama Berbasis Komputer (UAMNU-BK) Kelas 6 Digelar 12-21 April 2025

  [HUMAS-MIALHIKMAH], [21-04-2025] – Pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Nahdlatul Ulama Berbasis Komputer (UAMNU-BK) untuk siswa kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah (MI) di MI AL

21/04/2025 12:56 • Admin IT MI Al-Hikmah 336x dibaca

Anjangsana Di Bulan Ke 2 Penuh Berkah, Khataman Al-Qur'an dan Rapat Rutin di Kediaman Bu Maskurun

(HUMAS AL-HIKMAH) Perak Jombang, Rabu, 26 Februari 2025 – Kegiatan anjangsana yang diadakan oleh MI AL-HIKMAH ke kediaman Bapak/Ibu Maskurun berlangsung khidmat dan penuh ber

26/02/2025 19:31 • Admin IT MI Al-Hikmah 269x dibaca

Perolehan Juara PORSENI (Pekan Olahraga & Seni) Tahun 2025 Kec Jogoroto Kab Jombang

22/02/2025 18:43 • Admin IT MI Al-Hikmah 227x dibaca

PKKM Tahun Ke-2 Berjalan Lancar di MI AL-HIKMAH

(HUMAS MI AL-HIKMAH) Selasa, 19 November 2024– Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) tahun ke-2 di MI AL-HIKMAH telah dilaksanakan dengan sukses. Kegiatan ini bertujuan un

22/11/2024 06:06 • Admin IT MI Al-Hikmah 628x dibaca