mialhikmahjanti@gmail.com 0321-879009 RSS
Logo

MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HIKMAH

" Qur'ani Berprestasi "

Materi penilaian Keterampilan Untuk Jenjang MI Dalam Bentuk Power Point

Materi penilaian Keterampilan Untuk Jenjang MI Dalam Bentuk Power Point

Materi penilaian Keterampilan Untuk Jenjang MI Dalam Bentuk Power Point - merupakan penilaian yang dilakukan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam menerapkan pengetahuan dalam melakukan tugas tertentu di berbagai macam konteks sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi.

Penilaian keterampilan meliputi ranah berpikir dan bertindak Keterampilan ranah berpikir meliputi antara lain keterampilan membaca, menulis, menghitung, dan mengarang. Keterampilan dalam ranah bertindak meliputi antara lain menggunakan, mengurai, merangkai, modifikasi, dan membuat.

 
Materi penilaian Keterampilan Untuk Jenjang MI Dalam Bentuk Power Point
Materi penilaian Keterampilan Untuk Jenjang MI Dalam Bentuk Power Point

Empat Teknik Penilaian Keterampilan :

1. Penilaian Keterampilan

Penilaian Keterampilan adalah penilaian yang menuntut respon berupa keterampilan melakukan suatu aktivitas atau perilaku sesuai dengan tuntutan kompetensi.

a. Kriteria tugas untuk tes praktik


  1. Tugas mengarahkan peserta didik untuk menunjukkan capaian hasil belajar. 
  2. Tugas dapat dikerjakan oleh peserta didik. 
  3. Mencantumkan waktu/kurun waktu pengerjaan tugas. 
  4. Sesuai dengan taraf perkembangan peserta didik, 
  5. Sesuai dengan kontcn/cakupan kurikulum
  6. Tugas bersifat adil (tidak bias gender dan latar belakang sosial ekonomi).

b. Kriteria rubrik untuk tes praktik


  1. Rubrik dapat mengukur target kemampuan yang akan diukur (valid). 
  2. Rubrik sesuai dengan tujuan pembelajaran. 
  3. Indikator menunjukkan kemampuan yang dapat diamati(diobservasi).
  4. Indikator menunjukkan kemampuan yang dapat diukur. 
  5. Rubrik dapat memetakan kemampuan peserta didik. 
  6. Rubrik menilai aspek penting pada proyek peserta didik.

2. Penilaian Proyek

Penilaian Proyek adalah penilaian terhadap suatu tugas yang harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu dan tugas tersebut berupa rangkaian kegiatan mulai dari perencanaan, pengumpulan data, pengolahan data, dan pelaporan.

Pada penilaian proyek ada 4 hal yang perlu dipertimbangkan, yaitu :

 
  1. Kemampuan pengelolaan Kemampuan peserta didik dalam memilih topik, mencari informasi, mengelola waktu pengumpulan data, dan penulisan laporan yang dilaksanakan secara kelompok. 
  2. Relevansi - Kesesuaian tugas proyek dengan muatan pelajaran. 
  3. Keaslian - Proyek yang dilakukan peserta didik harus merupakan hasil karya sendiri di bawah bimbingan pendidik. 
  4. Inovasi dan kreativitas - Proyek yang dilakukan peserta didik mengandung unsur-unsur kebaruan atau sesuatu yang berbeda dari biasanya.

3. Penilaian Produk

Penilaian produk meliputi penilaian kemampuan peserta didik membuat hasil karya,produk-produk, teknologi, dan seni, seperti: makanan halal (contoh: tempe halal, kue halal, asinan halal, bakso halal, dll), pakaian, sarana kebersihan halal (contoh: sabun, pasta gigi, cairan pembersih dan sapu), alat-alat teknologi (contoh:paper/makalah, powerpoint peta konsep Islam,jam yang menunjuk waktu shalat, alarm pengingat waktu shalat, alarm dengan nuansa Islami), hasil karya seni (contoh: kaligrafi, lukisan dan gambar), dan barang-barang terbuat dari kain, kayu, keramik, plastik, atau logam yang bcrciri khas islami.

Tiga Tahapan Penilaian Produk

  1. Tahap persiapan, meliputi: penilaian merencanakan, mcnggali, dan mengembangkan gagasan, dan mendesain produk/hasil karya Islami.
  2. Tahap pembuatan produk (proses), meliputi: penilaian kemampuan dalam menyeleksi dan menggunakan bahan, slat, dan teknik pengerjaan produk.
  3. Tahap penilaian produk (appraisal), meliputi: penilaian produk yang dihasilkan peserta didik sesuai kriteria yang ditetapkan, misalnya berdasarkan, tampilan, fungsi dan estetika.

Penilaian produk biasanya menggunakan cara analitik atau holistik


  1. Cara analitik, yaitu berdasarkan aspek-aspek produk, biasanya dilakukan terhadap semua kriteria yang terdapat pada semua tahap proses pengembangan (tahap: persiapan, pembuatan produk, penilaian produk).
  2. Cara holistik, yaitu berdasarkan kesan keseluruhan dari produk.

4. Penilaian Portofolio


  • Portofolio merupakan kumpulan dokumen hasil penilaian, penghargaan, dan karya peserta didik dalam bidang tertentu yang mencerminkan perkembangan (reflektif-integratif) dalam kurun waktu tertentu.
  • Pada akhir periode portofolio tersebut dinilai oleh pendidik bersama-sama dengan peserta didik dan selanjutnya diserahkan kepada pendidik pada kelas berikutnya dan dilaporkan kepada orangtua sebagai bukti autentik perkembangan peserta didik.
Untuk file Materi penilaian Keterampilan Untuk Jenjang MI Dalam Bentuk Power Point DOWNLOAD DISINI
02/08/2020 19:37 - Oleh Admin IT MI Al-Hikmah - Dibaca 807 kali

Tinggalkan Komentar

Tulisan Lainnya

MI Al-Hikmah Gelar Tiga Kegiatan Sekaligus: Khotaman, Anjangsana, dan Rapat Rutin Dewan Guru

HUMAS - Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Hikmah kembali menunjukkan komitmennya dalam mempererat tali silaturahmi sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan. Pada Selasa, 30 September 2

30/09/2025 19:28 • Admin IT MI Al-Hikmah 419x dibaca

ANBK 2025 di MI Al-Hikmah: 25 Siswa Ikuti Asesmen Berbasis Komputer

HUMAS MI AL_HIKMAH - Sebanyak 25 siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Hikmah sukses melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2025. Kegiatan yang berlangsung selama

23/09/2025 15:20 • Admin IT MI Al-Hikmah 426x dibaca

RESMI Siswa MI Al-Hikmah Kenakan Baju Adat Setiap Tanggal 17 Dengan Komitmen Lestarikan Budaya Indonesia

HUMAS - Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Hikmah membuat gebrakan baru dalam upaya melestarikan budaya bangsa. Mulai bulan ini, seluruh siswa diwajibkan mengenakan baju adat tradisi

17/09/2025 08:15 • Admin IT MI Al-Hikmah 551x dibaca

Puskesmas Jarakkulon Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis dan Skrining Anemia di MI Al-Hikmah

HUMAS MI AL-HIKMAH -- Jarakkulon - Puskesmas Jarakkulon menggelar kegiatan pemeriksaan kesehatan secara komprehensif di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Hikmah pada Kamis, 28 Agustus 20

28/08/2025 14:14 • Admin IT MI Al-Hikmah 305x dibaca

MI Al-Hikmah Ikut Meriahkan Lomba Gerak Jalan HUT RI ke-80 di Kecamatan Jogoroto

HUMAS MI AL-HIKMAH-JOGOROTO — Gema kemerdekaan begitu terasa saat siswa-siswi dari MI Al-Hikmah turut serta dalam Lomba Gerak Jalan tingkat SD/MI se-Kecamatan Jogoroto. Acara

14/08/2025 07:32 • Admin IT MI Al-Hikmah 297x dibaca

Rapat Kerja MI Al-Hikmah Hasilkan Empat Komisi Demi Peningkatan Mutu Madrasah Tahun Ajaran 2025-2026

HUMAS MI AL-HIKMAH Jombang, Rabu, 09 Juli 2025 – Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Hikmah hari ini menggelar rapat kerja yang diikuti oleh 21 dewan guru dan staf. Kegiatan ini berl

09/07/2025 21:02 • Admin IT MI Al-Hikmah 601x dibaca

Haflah Akhirussanah Penuh Haru, 37 Siswa Kelas VI MI AL-HIKMAH Lulus dengan Gemilang

HUMAS MI AL-HIKMAH, – Suasana haru dan bangga menyelimuti acara Haflah Akhirussanah siswa kelas VI MI AL-HIKMAH yang diselenggarakan pada Sabtu, 21 Juni 2025. Sebanyak 3

29/06/2025 12:04 • Admin IT MI Al-Hikmah 863x dibaca

Ujian Akhir Madrasah Nahdlatul Ulama Berbasis Komputer (UAMNU-BK) Kelas 6 Digelar 12-21 April 2025

  [HUMAS-MIALHIKMAH], [21-04-2025] – Pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Nahdlatul Ulama Berbasis Komputer (UAMNU-BK) untuk siswa kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah (MI) di MI AL

21/04/2025 12:56 • Admin IT MI Al-Hikmah 335x dibaca

Anjangsana Di Bulan Ke 2 Penuh Berkah, Khataman Al-Qur'an dan Rapat Rutin di Kediaman Bu Maskurun

(HUMAS AL-HIKMAH) Perak Jombang, Rabu, 26 Februari 2025 – Kegiatan anjangsana yang diadakan oleh MI AL-HIKMAH ke kediaman Bapak/Ibu Maskurun berlangsung khidmat dan penuh ber

26/02/2025 19:31 • Admin IT MI Al-Hikmah 268x dibaca

Perolehan Juara PORSENI (Pekan Olahraga & Seni) Tahun 2025 Kec Jogoroto Kab Jombang

22/02/2025 18:43 • Admin IT MI Al-Hikmah 226x dibaca